Strategi & Sasaran

 

 

icon front default3

 

Strategi

 Tahapan Capaian Departemen Sastra Indonesia FIB USU 2016 - 2020

1.Tahap I (Tahun 2016)

Program Studi Sastra Indonesia menjadi program studi terkemuka pada bidang bahasa dan sastra Indonesia dengan nilai akreditasi A.

Strategi I

Meningkatkan manajemen administrasi, pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

2.Tahap II (Tahun 2017)

   Program Studi Sastra Indonesia meningkatkan manajemen administrasi, pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dengan penekanan terhadap terampil berbahasa Indonesia dan mengkaji karya sastra Indonesia.

Strategi II

Mengadakan kerja sama dengan instansi terkait. Misalnya, Membuka Bengkel Bahasa dan Sastra, UKBI, Editor Kebahasaan, Konsultan Kebahasaan, Saksi Ahli, dan Penjurian.

3.Tahap III (Tahun 2018)    Program Studi Sastra Indonesia meningkatkan manajemen administrasi, pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dengan penekanan terhadap penelitian bahasa dan sastra Indonesia.

Strategi III

Melaksanakan penelitian bidang bahasa dan sastra Indonesia dengan menyinergikan dosen dan mahasiswa.

4.Tahap IV (Tahun 2019)

   Program Studi Sastra Indonesia meningkatkan manajemen administrasi, pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dengan penekanan terhadap kemampuan berbahasa asing dosen dan mahasiswa.

Strategi IV

a.    Pembelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Inggris Profesi I dan II, Bahasa Inggris Akademik, Bahasa Belanda bagi mahasiswa.

b.    Kursus bahasa asing bagi dosen.

5.Tahap V (Tahun 2020)

   Program Studi Sastra Indonesia meningkatkan manajemen administrasi, pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat   serta mendapat pengakuan dari dunia internasional.

Strategi V

 Melaksanakan dan mengikuti seminar nasional, regional, dan internasional.

 

Sasaran

Sasaran pendidikan Program Studi Sastra Indonesia adalah :
a.    Meningkatnya manajemen administrasi, pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (antara lain, menghasilkan penelitian pada tingkat nasional dan internasional, menghasilkan karya ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah berskala nasional dan internasional, meningkatnya indeks prestasi kumulatif (IPK) lulusan, meningkatnya percepatan masa studi lulusan, dan meningkatnya kompetensi dan kinerja lulusan).
b.    Adanya kerja sama dengan instansi terkait. Misalnya, adanya  Bengkel Bahasa dan Sastra, UKBI, Editor Kebahasaan, Konsultan Kebahasaan, Saksi Ahli, dan Penjurian.
c.    Terlaksananya penelitian bidang bahasa dan sastra Indonesia dengan menyinergikan dosen dan mahasiswa sehingga Program Studi sastra Indonesia menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi penguasaan ilmu linguistik teoretis, linguistik terapan, dan wacana kesusastraan, kemampuan meneliti, dan melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat.
d.    Terlaksananya pembelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Inggris Profesi I dan II, Bahasa Inggris Akademik, Bahasa Belanda bagi mahasiswa, serta adanya kursus bahasa asing bagi dosen.
e.    Berperan serta dalam seminar nasional, regional, dan internasional.