Visi & Misi

 

 

icon front default2

 

Visi USU adalah “menjadi perguruan tinggi yang memiliki keunggulan akademik sebagai barometer kemajuan ilmu pengetahuan yang mampu bersaing dalam tataran dunia global”. Pengertian “barometer” di sini adalah sebuah mekanisme proses input-output, yang menghasilkan sumber daya manusia dan peneliti yang siap digunakan oleh masyarakat luas, baik dalam maupun luar negeri. Sementara visi FIB USU adalah “menjadi suatu lembaga pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kebudayaan yang unggul dan terkemuka secara regional, nasional, dan internasional serta berwawasan nilai-nilai budaya bangsa”. Sejalan dengan visi USU dan Visi FIB, maka visi Program Studi Sastra Indonesia, FIB, USU adalah “Pada tahun 2020 Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya  USU menjadi program studi yang memiliki keunggulan akademik dalam bidang Bahasa dan Sastra Indonesia dan sebagai barometer ilmu bahasa dan sastra yang mampu bersaing pada tingkat nasional dan internasional”.

 

Sejalan dengan visi tersebut di atas, misi PSSI FIB USU dinyatakan sebagai berikut:
1.    Menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia yang berbasis penelitan.
2.    Menjadi wadah bagi pengembangan karakter dan profesionalisme sumber daya manusia yang didasarkan pada pemberdayaan yang mengandung semangat demokrasi pendidikan, yang mengakui kemajemukan bahasa dan sastra di Indonesia dengan orientasi pendidikan, dan yang menekankan pada aspek pencarian alternatif untuk menyelesaikan masalah kebahasaan dan kesastraan  berlandaskan kajian ilmiah, moral, dan hati nurani.
3.    Menghasilkan lulusan yang memiliki ilmu kebahasaan dan kesastraan yang dapat menjadi pelaku perubahan sebagai kekuatan modernisasi dalam kehidupan masyarakat luas, yang memiliki kompetensi dalam bidang ilmunya, berdaya saing yang kuat, dan berperilaku cendikia dan beretika.
4.    Melaksanakan, mengembangkan, dan meningkatkan pendidikan kebahasaan dan kesastraan, budaya penelitian kebahasaan dan kesastraan, program pengabdian pada masyarakat yang bermanfaat bagi perubahan kehidupan masyarakat luas yang lebih baik.
5.    Menjalin dan meningkatkan kerjasama antarlembaga, baik di dalam maupun di luar negeri  untuk meningkatkan mutu.

 

Tujuan Pendidikan Program Studi Sastra Indonesia adalah
1.    Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi bahasa dan sastra Indonesia yang cendekia dan beretika serta memiliki daya saing pada tingkat nasional dan internasional.
2.    Menghasilkan penelitian inovatif untuk mendorong pengembangan bidang bahasa dan sastra Indonesia demi kepentingan kemanusiaan dan kemasyarakatan.
3.    Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian yang bermanfaat meningkatkan kesejahteraan umum dan kecerdasan kehidupan bangsa dan pemberdayaan masyarakat secara inovatif.
4.    Meningkatkan kualitas manajemen pembelajaran secara berkesinambungan untuk mencapai keunggulan dalam persaingan dan kerja sama nasional dan internasional.
5.    Mengembangkan potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Mahaesa sehat, kreatif, mandiri, kompeten, dan berbudaya untuk kemajuan bangsa.