No module Published on Offcanvas position
×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 179

Dosen

Dr. Dwi Widayati, M.Hum.

Dwi

Dr. Dwi Widayati, M.Hum., lahir di Magelang, 14 Mei 1965. Lulus program doktor dengan disertasi berjudul “Konvergensi dan Divergensi Dialek-dialek Melayu di Asahan”. Beliau aktif mengajar dan meneliti bidang linguistik  serta diberikan tugas tambahan sebagai Kepala Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara.

Beberapa hasil penelitiannya juga termuat di jurnal internasional di antaranya, “Relationship of Batak Karo, Batak Toba, and Nias Comparative Historical Linguistic Study” yang terbit di International Journal of Humanities Education and Social Sciences, “Lexicostatistics of English, German and Dutch” yang terbit di International Journal of Research and Review, dan beberapa lainnya.

Beliau juga telah menerbitkan buku dengan judul “Kajian Linguistik Historis Komparatif” yang diterbitkan Mahara Publishing (2018).

 

Dra. Nurhayati Harahap, M.Hum.

Nur

Dra. Nurhayati Harahap, M.Hum., lahir di Padangsidempuan, April 1962. Lulus program magister di Universitas Padjajaran (UNPAD), Bandung tahun 2007 dengan tesis berjudul “Hikayat Raja Jumjumah: Satu Kajian Filologis”. Beliau aktif mengajar dengan mata kuliah Filologi, Kajian Prosa, Kajian Sastra Etnik Sumatera Utara dan Bahasa Indonesia di Fakultas Ilmu Budaya, mata kuliah Bahasa Indonesia di Fakultas Ekonomi serta mata kuliah PKn dan Pancasila di Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara.

Selain mendapat tugas tambahan sebagai Sekretaris Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu  Budaya Sumatera Utara pada Oktober 2021, beliau juga telah menerbitkan buku dengan judul “Hikayat Raja Jumjumah: Suatu Kajian Filologis” yang diterbitkan Perpusnas Press (2019) dan “Filologi Nusantara: Pengantar ke Arah Penelitian Filologi” yang diterbitkan oleh Prenada Media Grup (2021).

 

Prof. Dr. Ikhwanuddin Nasution, M. Si.

Prof ikwan

Prof. Dr. Ikhwanuddin Nasution, M.Si., lahir di Padangsidimpuan, 25 September 1962. Lulus program doktoral di Universitas Udayana dengan disertasi berjudul “Dwilogi Novel Saman dan Larung Karya Ayu Utami: Perspektif Kajian Budaya”. Aktif mengajar bidang sastra untuk Program Studi S1 Sastra Indonesia, S2 dan S3 Program Pascasarjana Linguistik Fakultas Ilmu Budaya (FIB) USU.

Guru Besar Sastra ini, telah menghasilkan beberapa penelitian yang termuat di jurnal internasional, di antaranya, “Angkola Traditional Marriage: Representation and Cultural Values” yang terbit di International Journal of Multidisciplinary Research and Development (2018) dan “Development of Art, Culture and Literature Attractions for Millennial Generations” yang  terbit di International Journal of Linguistics, Literature and Culture (2021). Beberapa bukunya tentang sastra juga telah diterbitkan.

 

Dra. Salliyanti, M.Hum. 

Salli

Dra. Salliyanti, M.Hum., lahir di Medan, 12 Februari 1959. Lulus program sarjana dan magister di Universitas Sumatera Utara (USU) dengan tesis berjudul “Analisis Semantik Leksikal dan Semantik Kalimat Bahasa Minangkabau”. Beliau aktif mengajar dengan mata kuliah Teori Linguistik, Perencanan Bahasa dan Bahasa Indonesia Akademik. Aktif meneliti bidang linguistik, di antaranya “Kajian Sosiolinguistik Penggunaan Sapaan Masyarakat Minangkabau di Daerah Bromo Kecamatan Medan Area Kota Medan (Talenta USU 2020), “Kajian Semantik Penggunaan Makna Kepala Berita Koran Lokal Medan (Talenta USU 2021)”.

Beberapa hasil penelitiannya juga termuat di jurnal internasional di antaranya, “Sociolinguistik Study on the Social and Non-Kinship Terms of Addressin the Minangkabau Community at The Bromo Area of Medan Area Subdistrict” yang terbit di Internasional Journal Linguistik and Culture Review, 5 (S3), 1356-1367 dan “Semantic Study of the Use of Association, Ambiguity, and Lexical Meanings, Daily News Headlines of Sinar Indonesia Baru Medan” yang terbit di Internasional Journal Terindeks Scopus Linguistik and Culture Review, 6 (S2), 258-274.

Beliau juga telah menerbitkan buku dengan judul “Bahasa Indonesia” yang diterbitkan Bartong Jaya (2018) dan “Cermat Berbahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Edisi II” yang diterbitkan USU Press (2021). Meraih penghargaan dari Presiden Republik Indonesia, yaitu Satya Lencana Karta Satya X (1999), Satya Lencana Karya Satya XX (2006) dan Satya Lencana Karya Satya XXX (2015).

 

Dr. Ida Basaria, M.Hum.

BU IDA

Dr. Ida Basaria, M.Hum., lahir pada 11 November 1962 di Medan, Sumatera Utara. Memperoleh gelar Sarjana Sastra dalam bidang Linguistik pada  Desember1985 dengan skripsi “Frasa Nomina dalam Bahasa Indonesia”.Pada  2002 mendapatkan gelar Magister Humaniora dalam bidang linguistik dari Sekolah Pascasarjana USU Medan dengan tesis berjudul “Morfologi Verba dalam Bahasa Pakpak Dairi”. Kemudian gelar doktor diperolehnya pada November 2011 dari universitas yang sama  dengan judul disertasi “Relasi dan Peran Gramatikal Bahasa Pakpak Dairi: Kajian Tipologi Linguistik”.

Selama tiga bulan sejak Oktober 2009- akhir Januari 2010 mengikuti program Sandwich Dikti  di Utah State University Logan USA. Pada 2009 mengikuti konferensi di Utah Foreign Language Association Conference yang diadakan Worid/Foreign Languages Specialist di Utah State University.

Selain itu pada Januari  2010 mengikuti undangan sebagai peserta pada MLA Annual yang diselenggarakan oleh MLA (Modern Languages Association)  di Philadelpia , Amerika Serikat.Beliau aktif  terlibat dalam pertemuan-pertemuan ilmiah, baik nasional maupun internasional baik sebagai peserta, maupun sebagai pemakalah; aktif juga  menulis beberapa karya buku  (Tipologi Bahasa, Bahasa Indonesia, Bahasa dalam Ranah Budaya Penuturnya dan lain-lain).

 

Dr. Mulyadi, M.Hum.

Mulyadi

Dr. Mulyadi, M. Hum., lahir di Tanjungbalai, 31 Juli 1964. Lulus program doktoral pada Program Studi Ilmu Linguistik di Universitas Udayana tahun 2012 dengan disertasi berjudul “Verba Emosi Bahasa Indonesia dan Bahasa Melayu Asahan: Kajian Semantik Lintas Bahasa”. Beliau aktif mengajar di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara dengan mengasuh mata kuliah Pengantar Semantik Bahasa Indonesia, Semantik Bahasa Indonesia Lanjut, Pengantar Sintaksis Bahasa Indonesia dan Sintaksis Bahasa Indonesia Lanjut. Aktif meneliti bidang linguistik di antaranya “Rekonstruksi Bahasa Jame’e, Bahasa Gayo dan Bahasa Melayu (Kajian Linguistik Historis Komparatif)” yang dimuat oleh Hibah Dikti pada tahun 2020 dan 2021.

Penelitian beliau telah banyak dimuat dalam jurnal ineternasional maupun nasional. Beberapa hasil penelitiannya juga termuat di jurnal internasional terindeks Scopus di antaranya, “Interjection Bah! In Batak Toba: A Natural Semantics Metalanguage Approach.” yang terbit di Studies and English Language and Education, 209-222, “Sarcastic Utterances in North Country Film as English Teaching Materials” terbit di World Journal of English Language, 57-64 dan beberapa lainnya.

Ia saat ini menjabat sebagai Ketua Program Studi Pascasarjana S2 dan S3 Linguistik dan sering diminta menjadi saksi ahli dalam kasus ujaran kebencian atau kasus yang berkenaan dengan komunikasi verbal dan non-verbal di ranah hukum.

 

Drs. Parlaungan Ritonga, M.Hum.

PAK PARLAUNGAN

Drs. Parlaungan Ritonga, M.Hum., lahir di Tapsel, 21 Juli 1961. Lulus program sarjana dan magister di Universitas Sumatera Utara (USU). Beliau aktif mengajar dengan mata kuliah Kapita Selekta Linguistik, Pengantar Linguistik Umum, Pengeditan, Pengantar Sosiologi dan Penulitsan Karya Ilmiah Populer.

Aktif meneliti bidang linguistik dan telah menerbitkan buku dengan judul “Bahasa Indonesia Praktis” yang diterbitkan Bartong Jaya (2018).

 

Dr. Dardanila, M.Hum.

Dardanila

Dr. Dardanila M.Hum lahir di Takengon, Aceh Tengah, tanggal 31 Maret 1961. Ia telah menyelesaikan pendidikan S-3 prodi Linguistik di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara dan mencapai gelar doktor pada tahun 2016 dengan mempertahankan desertasi yang berjudul Kekerabatan Bahasa Karo, Bahasa Gayo dan Bahasa Alas sebuah kajian linguistik historis komparatif.

Saat ini dia aktif mengajar pada program studi S1 Sastra Indonesia FIB USU mata kuliah Linguistik Historis Komparatif ,Filsafat Bahasa dan Kapitaselekta Bahasa. Ia juga mengajar di Program Magister dan Doktor di Program Studi Ilmu Linguistik USU bersama tim dosen mengampu mata kuliah Linguistik Historis Komparatif dan Ekolinguistik. Di samping itu tahun 2015 sampai 2022 ia masih dipercaya sebagai staf ahli dekan Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara.

Pada tahun 2017 sampai 2021 ia sebagai  Ketua peneliti bahasa yang  dibiayai oleh Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementrian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional. Pada tahun 2017 sampai 2022 ia dan tim juga melaksanakan pengabdian masyarakat yang dibiayai oleh dana NON PNBP USU di Kabupaten Simalungun.Ia juga pernah menulis buku yang berjudul Pronomina Bahasa Gayo. Dan ia aktif mengikuti seminar nasional dan seminar internasional baik secara luring maupun daring.Pada tahun 2020 sampai 2022 ia dipercayakan sebagai Ketua Gugus Jaminan Mutu Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara.

 

Dr. Gustianingsih, M.Hum.

Gusti

Dr. Gustianingsih, M.Hum., lahir di Medan, 28 Agustus 1964. Lulus S1, S2 dan S3 di Universitas Sumatera Utara (USU). Sekretaris Program Studi S3 Linguistik Pascasarjana periode 2021-2026 Fakultas Ilmu Budaya (FIB) USU ini mengajar mata kuliah Bahasa Indonesia, Koresporendensi Bahasa Indonesia, Psikolinguistik, Neurolinguistik, Neuropsikolinguistik, Seminar Linguistik, Tatabahasa Generatif, Penelitian/Penulisan Disertasi, Penelitian/Penulisan Tesis, Seminar Linguistik, Komunikasi Etiket dan Dasar-dasar Ilmu Budaya.

Beliau telah melakukan penelitian di antaranya, “Ancangan Neuropsikolinguistik terhadap Penyimpangan Membaca dan Menulis pada Penderita disleksia di Sumatera Timur: Studi Kasus SLB Kota Medan. SLB Batubara, dan SLB Pematang Siantar” dan “Refleksi Pemahaman Masyarakat Barus terhadap Lingkungan Kelautan Melalui Khazanah Ekolinguistik Kelautan di Tapanuli Tengah”.

Beliau juga telah menerbitkan beberapa buku, yakni “Model Tepribaskog: Pelanggaran Prinsip Kerjasama Bahasa Indonesia pada Penderita Skizofrenia di Kota Medan” dan “Model Kadafsboca, Gangguan Pembentukan Kalimat Dasar Bahasa Indonesia pada Penderita Afasia Broca: Kasus Penderita Stroke di Kota Medan (PSTR)”.

 

Dr. Drs. Hariadi Susilo, M.Si.

Hariadi2

Dr. Drs. Hariadi Susilo, M.Si, laki-laki yang lahir di Laras, Simalungun, Sumatera Utara, 5 Mei 1958 ini menempuh pendidikan S3 Program Linguistik/Kosentrasi Kesusasteraan USU Medan 2009, lulus dengan disertasi “Wacana Kohesi dan Kearifan Lokal dalam Cerita Rakyat Masyrakat Karo”. Saat ini mengasuh mata kuliah Folklor, Sosiologisastra, Antropologisastra,, Stilistika, Kajian Sastra Anak, dan Kajian budaya, di Fakultas Ilmu Budaya Sumatera Utara.

Melahirkan beberapa karya ilmiah di antaranya, penelitian Historiografi Mitos Putri Hija Fungsi Manifes dan Latem di Kecamatan Tigapanah Kabupaten Karo (2019), Kajian Sosiolinguistik Penggunaan Sapaan Masyarkat Minangkabau di Daerah Bromo Kecamatan Medan Area Kota Medan (2020) dan Kajian Semantik Penggunaan Makna Kepala Berita Koran Lokal Medan (2021).

Ia juga telah menulis beberapa buku, yakni Hilirisasi Produk Berbasis Sumber Daya Lokal Untuk Kesejahteraan Masyarakat di Huta Gondang Rejo Bandar Tongah Kecamatan Bandar Huluan Kabupaten Simalungun. Medan: USU Press ISBN 978-602-465-119-0 (2019), Historiografi Mitos Putri Hijau Fungsi Manifes dan Fungsi Laten. Medan: Manhaji ISBN 978-602-0746-73-9 (2020), Penerapan Budaya Permainan Tradisional Rakyat Sebagai Pembentukan Karakter Anak Bangsa. Medan: Manhaji ISBN 978-602-0746-74-6 (2020), Pola dan Teknologi Penyablonan Kata-kata di T-shirt sebagai Industri Wirausaha Bagi Remaja. Medan: Manhaji ISBN 978-623-6763-04-9 (2020) dan Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Desa Nagajaya I Kecamatan Bandar Huluan Kabupaten. Mesan: Manhaji ISBN 978-623-6763-377 (2021).

 

Drs. Asrul Siregar, M. Hum.

Asrul

Drs. Asrul Siregar, M. Hum., adalah seorang dosen dan budayawan yang berasal dari Bunga Bondar, sebuah desa di lembah pegunungan Sibualbuali, Tapanuli Selatan. Pada tahun 1984, ia lulus S1 Sastra Indonesia Universitas Sumatera Utara, kemudian tahun 1994 lulus S2 Linguistik dari Universitas Indonesia.

Karirnya sebagai sivitas akademika di Program Studi Sastra Indonesia USU telah berlangsung lebih dari 35 tahun. Matakuliah yang diampu antara lain Pragmatik dan Analisis Wacana. Sebagai putra daerah Tapanuli Selatan yang mendalami ilmu bahasa, minatnya di dunia akademik adalah studi kearifan lokal, secara khusus yaitu kebudayaan masyarakat Angkola yang ditinjau dari tindak tutur bahasa ketika pelaksanaan upacara adat formal.

 

Selain itu, di dunia pengabdian masyarakat, kepakaran dalam budaya Angkola membawanya menjadi seorang tokoh yang sering memimpin berbagai upacara adat masyarakat Tapanuli Selatan di Kota Medan. Sejalan dengan spesialisasi keilmuan dan minat yang ditekuni, penelitian yang sedang berjalan saat ini berjudul “Inferensi pada Upacara Adat Mangupa Masyarakat Tapanuli Selatan”. Salah satu buku yang telah terbit berjudul “Medan Beranda Budaya Nusantara” (USU Press, 2019) sebagai penulis bagian adat dan budaya masyarakat Batak Angkola.

 

Dra. Sugihana Sembiring, M.Hum.

Sugi

Dra. Sugihana Sembiring, M.Hum.,lahir di Sugihen, 7 Maret 1960. Beliau alumnus Universitas Sumatera Utara (USU) tahun 1984. Tahun 2004, menamatkan S2 Sekolah Pascasarjana Linguistik USU, Medan. Merupakan staf pengajar di Fakultas Ilmu Budaya USU sejak tahun 1986 sampai sekarang. Beliau mengajar dengan spesifikasi Sosiolinguistik dan Sejarah Linguistik.

 

Aktif meneliti dan hasil penelitian terakhir dengan judul “Toponomi Nama-Nama Desa Mardinding Kabupaten Karo 2019”. Aktif mengikuti seminar Nasional, yaitu yang terakhir “Internasional Seminar on Language and Culture in Asia (ISLC-FIB USU 2019)”.

 

Drs. Pribadi Bangun, M.Hum.

Pribadi2

 

Drs. Pribadi Bangun, M.Hum., lahir di Kuta Galuh, Karo. 19 Oktober 1958. Lulus program magister di Program Studi Linguistik Universitas Sumatera Utara dengan tesis berjudul “Reduplikasi Morfemi Bebas Konteks dan Terikat Konteks Bahasa Karo”. Beliau pernah mengabdi pada masyarakat dalam pengabdian “Pembinaan dan Pengembangan UKM Produk Kerajinan Bambu (Furniture)” di Desa Naga Jaya I Kecamatan Bandar Haluan, Kabupaten Simalungun.

 

Drs. Haris Sutan Lubis M.S.P.

 Haris

Drs. Haris Sutan Lubis M.S.P. lahir di Padangsidempuan, 7 September 1959. Lulus program magister di Universitas Sumatera Utara dengan tesis berjudul “Perencanaan Pengembangan Ekowisata Berbasis Komunitas di Kawasan Wisata Tangkahan Kabupaten Langkat Sumatera Utara”. Beliau aktif mengajar di Prodi Sastra Indonesia sejak tahun 1987 hingga saat ini. Mata kuliah yang diasuh di antaranya, Seminar Sastra, Psikologi Sastra, Penulisan Karya Sastra, Kajian Drama Indonesia dan beberapa mata kuliah lain.

Beliau pernah diberi tugas tambahan menjadi Sekretaris Program Studi Sastra Indonesia FIB USU periode 2012-2017, Ketua Program Studi Sastra Indonesia FIB USU periode 2017-2021, dan Anggota Senat Akademik USU periode 2014-2019 dan 2019-2024. Beliau juga aktif menulis puisi dan naskah drama teater, dalam beberapa kesempatan juga pernah menjadi saksi ahli untuk kasus yang berkenaan dengan karya sastra sebagai alat bukti.

 

Drs. Amhar Kudadiri, M.Hum.

Amhar

Drs. Amhar Kudadiri, M.Hum., lahir di Sidikalang, 25 Juli 1960. Lulus program sarjana dan magister di Universitas Sumatera Utara (USU) tahun 2010. Beliau juga merupakan staff pengajar di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara sejak 1989 hingga saat ini.

 

Aktif meneliti dan penelitian terakhir dengan judul  “Produktifitas Pembentukan Nomina dalam bahasa Pakpak Analisis Mikrolinguistik”, “Karakteristik Reduplikasi Morfemis dalam bahasa Karo”, “Kajian Sosiolinguistik penggunaan sapaan masyarakat Minangkabau di daerah Bromo Kecamatan Medan Area, Kota Medan” dan “Language Attitude dan Keterdesakan bahasa Pakpak Dairi kajian: Sosiolinguistik”.

 

Dra. Rosliana Lubis, M.Si.

Ros

Dra. Rosliana Lubis, M.Si. lahir di Medan pada tanggal 24 Mei 1963, Pendidikan S2 ditempuh di Sekolah Pascasarjana USU pada tahun 2011, dengan judul tesis “ Metafora Gramatikal pada Harian Kompas”.

Mata kuliah yang diasuh saat ini  pada Prodi  Sastra Indonesia  FIB adalah Leksikografi dan Semiotika, sedangkan pada prodi D3 Perpustakaan mengajarkan  mata kuliah keterampilan  Bahasa Indonesia dan  Bahasa Indonesia Akademik serta mata kuliah Bahasa Indonesia di Fakultas Kehutanan.

Ia juga melahirkan beberapa karya ilmiah, di antaranya Refleksi Pemahaman Masyarakat Barus Terhadap Lingkungan Kelautan Melalui Khazanah Ekoleksikon Kelautan di Tapanuli Tengah (2020) dan Kebertahanan Ekoleksikon Persawahan Masyarakat Barus dalam Dinamika Spasial Sosioekologis di Tapanuli Tengah.

Penelitiannya tentang Keberagaman EkoleksikonKelautan Nomina VerbaKomunitas Tutur Masyarakat Pesisir Barus, Kabupaten

Tapanuli Tengah telah diulas dalam Seminar Nasional FIB Universitas Andalas (2020).

 

Emma Marsela, S.S., M.Si.

Emma

Emma Marsella adalah salah satu dosen perempuan di Program Studi Sastra Indonesia FIB USU. Beliau menyelesaikan studi S1 bidang sastra di Universitas Sumatera Utara (USU), Medan, tahun 2013 dengan judul skripsi “Nilai-Nilai Islami dalam Novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy”.

Kemudian, studi S2 diselesaikan beliau juga pada universitas yang sama, USU, di Program Studi Linguistik, konsetrasi Kesastraan, pada tahun 2016 dengan judul Tesis “Pemikiran Habiburrahman El Shirazy dalam Empat Novelnya”.

Perempuan bersuku Karo ini mengajar mata kuliah Pengantar Ilmu Sastra, Pengantar Kajian Puisi Indonesia, Pengantar Kajian Drama, dan Sastra Bandingan. Beliau juga aktif melakukan penelitian. Beberapa penelitian beliau berhubungan dengan suku Karo.

 

Bambang Riyanto, S.S., M.Si.

Bambang

 

Bambang Riyanto merupakan lulusan S1 Program Studi Sastra Indonesia dengan judul skripsi "Sosiologi Pengarang dalam Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer". Kemudian meraih Beasiswa S2 dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara Program Studi Perencanaan Wilayah Desa (PWD) dan lulus dengan tesis "Peran Pemuda Karang Taruna Desa Telaga Sari Kabupaten Deliserdang dalam Implementasi UU Desa No. 6 Tahun 2014".

Beliau meraih beberapa penghargaan di bidang jurnalistik, di antaranya Honorable Mention dari SOPPA Awards, Hongkong dan Awardee Investigation Journalisme Confrence di Seoul, Korea. Menulis beberapa buku, di antaranya Antologi Cerpen "Cermin", Antologi Puisi "Suara Peri dan Mimpi", Kumpulan Essay "Adil dalam Pikiran" dan terbaru menulis buku bersama Rektor Muryanto Amin berjudul  "Untuk Jokowi: Kumpulan Dedikasi di Sumatera Utara" (2022, USU Press). Ia juga menggagas dan mengelola USUTV.

Aktif mengajar dengan mata kuliah Jurnalistik, Penyiaran, Sastra dan Film serta Seni Pertunjukan. Melakukan beberapa penelitian secara mandiri, terbaru "Melacak Kematian Tak Tercatat Akibat Covid-19" bekerjasama dengan Lapor Covid-19 dan Lembaga Penelitian Eijkman (2021).

 

 

(061)8215956 082274321655 sastra.indonesia@usu.ac.id Jam Buka Layanan Program Studi: Senin s.d Jumat, Pukul: 08.00 s.d 16.00 WIB